AKU REKOMENDASIKAN HOTEL PALING MURAH DI DUNIA ! DIJAMIN !

Book Hostels Online Now

Friday, March 23, 2007

MELAKUKAN PEMBELIAN LEWAT EBAY

Usaha kreatif yang bisa kamu kembangkan dalam hal perdagangan internasional yang menjanjikan bisa kamu lakukan lewat ebay. Kali ini aku akan terangkan bagaimana caranya beli barang lewat ebay, baik secara langsung maupun lewat lelang.

Tentu saja kalau kamu mau melakukan transaksi lewat ebay, pertama-tama kamu harus mendaftarkan dirimu dulu dengan mengisi formulir yang disediakan. Di blog ini aku sudah pasang banner ebay di sebelah kiri naskah ini. Kamu tinggal klik saja di sana, maka kamu akan di bawa ke ebay Singapore. Lho, kok Singapore ? Ya, karena aku merasa negara ini adalah negara maju yang terdekat dengan Indonesia. Kamu bisa mengirim barang jualan ke Singapore dengan shipping rate (ongkos) relatif murah bila dibandingkan dengan pengiriman ke Eropa atau USA. Demikian juga kalau kamu mau beli barang, tentunya ongkos kirim dari Singapore ke Indo pasti lebih murah…

Waktu mengisi formulir pendaftaran di ebay, kamu akan diminta untuk mengisi data-data kartu kredit (sebagai alat pembayaran kalau kamu nantinya beli barang). Tenang aja, karena situsnya ebay itu adalah situs yang aman, artinya data kartu kreditmu tidak akan bisa dibaca mata-mata yang tidak seharusnya melihat data itu. Tapi tentu saja kamu harus melakukannya pada komputermu sendiri di rumah, atau di laptop, atau di kantor kalau itu komputer pribadi yang tidak digabung dengan orang lain. Ingat, jangan sekali-kali mengisi data keuangan di warnet atau tempat umum, karena setiap tulisan yang kita buat akan bisa di-trace oleh mereka yang mengerti bagaimana caranya… Kartu kredit ini hanya sebagai persyaratan, dan tidak akan dipakai kecuali kalau memang kamu mengijinkannya. Jadi, ya isi aja. Kalau nggak punya kartu kredit bagaimana ? Aku kebetulan juga nggak punya kartu kredit ( soalnya kebetulan aku “agak anti” kartu kredit he he he :-P ). Terus ? Ya aku pakai data kartu kredit temanku, tentu aja dengan seijin dia ! Jadi kamu bisa pakai kartu kredit mama, papa, atau siapa saja…

Nah, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

  1. Temukan barang yang kamu cari dengan menggunakan kolom Search di bagian atas halaman depan ebay. Misalnya kamu mencari kamera digital, ketikkan saja “ digital camera “. Kamu juga bisa mencari kamera yang spesifik, misalnya “ 8 megapixel Sony digital camera.” Cara lainnya, adalah dengan mengklik tab “BUY” untuk browse kategori barang yang kamu cari.
  2. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman listing yang isinya bisa ratusan bahkan ribuan barang yang kamu pilih kategorinya tersebut. Biasanya halaman ini dilengkapi foto dan keterangan lainnya. Keterangan yang ada cuma singkat, tapi kamu bisa memeriksa detailnya dengan mengklik judulnya.
  3. Periksa benar-benar tentang keterangan barang yang dimaksudkan. Apakah benar barang itu yang kamu inginkan ? Kamu bisa bertanya lebih jauh tentang barang tersebut bila kurang jelas, dengan mengklik box Meet the Seller (data dan track record penjual) atau Ask Seller a Question. Penjual yang baik selalu membalas semua pertanyaan dengan segera (seperti aku :-p )
  4. Ada 2 kemungkinan pembelian :
  1. Buy It Now (Langsung beli sesuai harga yang tercantum)
  2. Bidding Auction (Lelang) ; bila ini pilihanmu maka kamu harus memeriksa berapa harga tertinggi yang ditawar orang lain untuk barang itu (Current Bid) dan berapa waktu yang sisa sebelum diputuskan pemenang lelangnya (Time left).
  1. Jangan lupa memeriksa ongkos kirim (Shipping & Handling Cost). Beberapa listing menyediakan kalkulator khusus yang bisa menghitung ongkos kirim ke tempat-tempat yang berbeda.
  2. Periksalah metode pengirimannya, apakah lewat pos biasa, UPS, FedEx dll.
  3. Periksa juga garansi dan cara mengembalikan barang bila kita tidak cocok setelah menerima barang itu (biasanya barang yang telah dibeli boleh dikembalikan dalam jangka waktu tertentu untuk di-refund – uangnya dikembalikan, tapi ongkos kirim tidak)
  4. Lihat cara pembayarannya (Paypal, Money Order, Check dll. ) Pada post-post lainnya nanti akan aku jelaskan khusus soal cara pembayaran ini…OK.
PS : Mobil Ferrari di atas itu juga dilelang di ebay lho ! Bahkan helikopter, kapal pesiar, juga ada yang melelang tissue bekas ingusnya Britney Spears ( yiekkk...), sampai item-item yang so simple kayak sticker...semua ada di ebay.

Bersambung…


No comments: