AKU REKOMENDASIKAN HOTEL PALING MURAH DI DUNIA ! DIJAMIN !

Book Hostels Online Now

Friday, March 23, 2007

PERTAMA KALI BELI BARANG EBAY

Lanjutan dari Post “ Melakukan Pembelian Lewat ebay”

Untuk membeli barang lewat ebay baik secara langsung maupun lelang, kamu harus terdaftar sebagai anggota ebay dulu. Kalau kamu belum daftar, klik link di bawah ini untuk menjadi member ebay Singapore.

buy and sell on eBay Singapore

Listing untuk lelang biasanya ditampilkan di halaman ebay selama 1 – 10 hari. Ketika masa itu belum lewat, anggota ebay bisa menempatkan bidding (harga yang bersedia dibayarkan), atau beli langsung bila barangnya mencantumkan Buy It Now (buat yang ngebet !)

Kapan waktu lelang berakhir ? Kamu bisa lihat di End time. Biasanya dituliskan hari dan jamnya. Current bid menunjukkan berapa bidding tertinggi sampai saat itu. Kalau kita tertarik membelinya, maka kita harus Place Bid yaitu mencantumkan harga yang bersedia kita bayar. Tentu harganya harus di atas Current Bid, meskipun haya beda 25 sen. Kalau bidding di ebay Singapore, biasanya mata uang yang dipakai adalah dollar Singapore. Jangan main-main dengan bidding ini, karena sekali kita menempatkan bidding maka kita harus beli kalau kita menang. Kalau kita membatalkannya sepihak (tanpa persetujuan pihak penjual), maka kita akan dikeluarkan dari keanggotaan ebay. Mereka sangat serius tentang hal ini, karena itu ebay sangat terkenal sebagai tempat jual beli terpercaya.

Setelah kita submit bidding, maka ebay akan minta kita mengklik Confirm Bid untuk mengkonfirmasi kebenarannya. Ebay akan memberi tahu kita kalau kita adalah penawar lelang tertinggi, atau dia juga bisa memberi tahu bila ada saingan yang meng-outbid (mengalahkan) kita. Kita boleh menambah lagi jumlah harga yang berani kita bayarkan untuk mengalahkan saingan itu. Untuk barang-barang yang banyak diminati, yang melelang akan ramai sekali. Itulah yang membuat keasyikkan tersendiri. Apalagi kalau kita bisa menang lelang barang yang bagus dan mestinya mahal, tapi dengan harga super murah. Siapa yang nggak mau ? Hayo, siapa, siapa… Kalau nggak mau terus-terusan memelototi layar ebay, kita bisa saja memasukkan jumlah tertentu sebagai maximum bid kita. Itu adalah jumlah maksimal yang rela kita bayar. Ebay akan melakukan bid untuk kita secara otomatis, sedikit-sedikit sampai harga yang kita set. Kalau tidak ada yang mengalahkan penawaran kita, maka ebay akan berhenti bid sehingga barang yang kita menangkan tersebut harganya belum tentu sebesar maximum bid kita. Seringkali lebih rendah. Itu kalau peminatnya (saingannya) tidak banyak…

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Aku paling sering melakukan bidding ini untuk membeli stocking (tights) anakku Stephanie. Di Indonesia jarang sekali ada. Yang jual hanya tertentu, seperti NEXT atau kalau di Surabaya ada di butik Tulip. Tapi harganya sepasang bisa Rp. 100.000,- Itupun pilihannya sangat sedikit. Biasanya hanya dalam solid colour, warna standard putih, pink, biru muda. Tapi kalau aku bidding di ebay, masya ampun…ada ratusan jenisnya, dengan warna dan motif bermacam-macam, mulai kupu-kupu, polkadot, loreng-loreng, bunga dan segala macam lainnya… Dan aku sering mulai bidding dengan harga US$ 1.00 alias Rp. 10.000,- ( 5 % -10 % harga aslinya ). Biasanya aku bisa menang bidding dengan harga antara $2.5 - $7 (untuk yang benar-benar bagus). Kalau aku beli dengan bermacam-macam motif sebanyak 5 set, aku hanya mengeluarkan dana sekitar $ 12.50. Ongkos kirim dijadikan satu sehingga murah. Kalau dari Singapore ya kira-kira US $ 10. Jadi total untuk 5 set sampai ke Surabaya aku mengeluarkan uang US $ 22.50 ( sekitar Rp. 215 ribu). Padahal kalau aku beli di Indonesia, dengan warna, motif, kualitas yang jauh di bawahnya, aku paling tidak harus membayar Rp. 500.000,- Nah, iya kan ? Murah sekali, nggak ada setengahnya. Tahu nggak, setiap orang (terutama mommy-mommy) selalu bilang begini kalau melihat anakku Stephanie pakai tights-nya : “ Aduh, lucu sekali…Anakmu seperti orang Jepang. Stockingnya kok bagus sekali, beli di mana, berapa harganya ? “ Aku cuma senyum aja. Nggak jawab apa-apa. Kamu udah tau kan jawabannya ? Tolong jawab deh buat aku !

1 comment:

www.its-berry.com said...

saya mau beli elektronik di ebuy.. kira2 sampenya berapa hari mas??
itu bener samapi ga ya ??

http://www.indonetasia.com